Sunday, May 15, 2016

3 Faktor utama kecelakaan dan 3 Hal dasar pemahaman dalam berkendara

Angka kecelakaan jalan raya di Indonesia masih cukup tinggi, menurut data statistik dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, angka kecelakaan pada 2014 mencapai 85.756 kejadian, dengan korban meninggal mencapai 26.623 jiwa, dan kerugian material mencapai Rp 224,2 miliar. Dan ini terus meningkat setiap tahunnya.

Sebanyak 2 orang tewas sia-sia dijalan raya, kesadaran diri berkendara dijalan raya sangatlah penting agar kita terhindar dari kecelakaan dan selamat sampai ditujuan.

Terdapat 3 faktor utama kecelakaan dijalan raya, yaitu:

Alam
Yang dimaksud Alam sebagai penyebab kecelakaan dijalan raya ini adalah kondisi cuaca, bisa hujan deras, longsor, kondisi jalan, dan lain sebagainya kondisi alam yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Manusia
Manusia sendiri adalah penyebab kecelakaan itu sendiri, tidak mematuhi aturan berlalu lintas, tidak menguasai pengetahuan dasar berkendara, dan berkendara tidak dalam kondisi tubuh sehat bisa menyebabkan kecelakaan dijalan raya.

Kendaraan
Tidak dipungkiri kendaraan yang tidak laik jalan bisa menyebabkan kecelakaan. Untuk itu pengecekan awal kendaraan sebelum memulai perjalanan sangatlah penting agar tehindar dari kecelakaan.



Terdapat 3 hal dasar yang harus dimiliki dan tertanam dihati para pengendara dalam setiap berkendara, yaitu:

Analisa
Dalam setiap perjalanan setiap pengendara harus sigap dalam menganalisa, membaca situasi kondisi diperjalanan

Tindakan
Ketika analisa sudah berjalan dan pengendara melihat adanya obyek yang bisa menyebabkan potensi kecelakaan maka pengendara harus mulai berfikir cepat tindakan apa yang harus dilakukan oleh pengendara.

Pengoperasian
Setelah analisa atau pembacaan situasi, lalu pengambilan keputusan atau tindakan maka pengendara harus cepat melakukan pengoperasiannya. Apakah itu mengurangi kecepatan atau menghindar.

Analisa, Tindakan dan pengoperasian harus dilakukan secepat mungkin dan pengendara harus melatih diri untuk penerapannya.

Sebagai contoh, seorang pengendara sepeda motor melaju dijalan raya ketika hendak menyalip kendaraan didepannya dia harus menganalisa terlebih dahulu kondisi jalan dan kendaraan didepannya atau arah lawan jalannya, setelah dirasa kondisi aman  maka pengambilan keputusan menyalip, harus cepat dilakukan nyalakan lampu tanda/sign dan pengoperasiannya segera dahului kendaraan yang didepannya seaman mungkin aman bagi diri sendiri dan aman bagi pengendara lain yang didahuluinya.

Contoh lainnya ketika seorang pengendara sedang berkendara dia melihat ada obyek ditengah jalan yang bisa menyebabkan kecelakaan sebagai contoh hewan menyebrang jalan, pengendara harus cepat menganalisa kemana arah gerak hewan tersebut. Segera ambil keputusan tindakan yang harus dilakukan apakah itu mengurangi kecepatan atau menghindar lalu lakukan pengoperasiannya.

Demikian 3 faktor utama penyebab kecelakaan dan 3 hal yang harus dimiliki pengendara. Semoga kita selalu jadi pengendara yang tertib dan selamat dalam perjalanan hingga tempat tujuan.

Tetap jaga keselamatan bagi diri sendiri dan pengendara lainnya patuhi aturan berlalu lintas dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas.

4 comments: